-->

6 Hal Yang Harus Dimiliki Perawat Agar Sukes Bekerja Di Luar Negeri

Terkadang perawat yang bekerja di tanah air tidak begitu dihargai, kenapa saya berkata demikian karena telah banyak kita menjumpai kasus demikian.

Ini bisa jadi alternatif bagi perawat-perawat yang memang memiliki skill yang mantap dalam mengaplikasikan profesinya sebagai seorang perawat profesional.


Jika kamu perawat yang tertarik dengan gaji yang besar dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mengembangkan ilmu keperawatan dengan bekerja di luar negeri, maka kamu perlu mempersiap diri dengan memiliki hal-hal yang saya sebutkan di bawah ini :

1. Kemampuan bahasa

Kamu seorang perawat..? dan memutuskan untuk bekerja diluar negeri..! maka kamu wajib memiliki kemampuan untuk berbahasa inggris denga fasih dan juga wajib memiliki ketrampilan berbicara dengan bahasa negara tujuan kamu ingin bekerja. Beberapa negara telah mewajibkan mencantumkan nilai TOEFL kamu.
"Ingat pesan guru SMA dulu bahasa inggris merupakan jendela dunia"

2. Kemampuan bekerja

Yang kedua adalah alasan mereka bermaksud menampung tenaga kerja dari luar adalah karena mereka mebutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang masing-masing dan memiliki kemampuan yang mumpuni yang mereka butuhkan. Jadi kalau kamu merasa punya apa yang mereka buthkan maka kamu harus tunjukkan apa yang dapat membuat mereka memilih kamu untuk bekerja dengan mereka. Jadi kalau sekarang kamu masih santai-santai aja dan tidak berkeinginan untuk terus belajar serta meningkatkan kemampuan kamu, maka jangan pernah berharap bisa  berkerja di luar negeri dengan gaji puluhan juta kalau di rupiahkan. Selalu ingat bahwa mereka yang sekarang memiliki kemampuan dan skill bekerja luar bisa juga pernah diposisi belajar seperti kamu, hanya berbeda waktu dan kemauan.

3. Paspor dan visa

Paspor dan visa merupakan  hal wajib yang kamu milikinya jika ingin bekerja diluar negeri. Paspor berguna sebagai KTP internasional dan kamu bisa dikenal siapa dan berasal darimana. Simpan paspor dan visa milikmu dengan baik dan aman.


4. Dokumen pendukung

Ada beberapa negara tujuan yang mempekerjaakan perawat dari Indonesia yang harus melampirkan CGS. CGS biasanya dikeluarkan oleh Nursing Council Indonesia dengan melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR). Untuk membuat CGS dibutuhkan STR untuk lulusan D3 dan NERS untuk lulusan S1. Dokumen pendukung lainnya juga wajib di siapkan agar bisa lolos bekerja diluar negeri.
5. Kemampuan mengatur uang
Ketika bekerja di luar negeri tentu jumlah uang yang kamu hasilkan akan sangat banyak (kalau sedikit di Indonesia aja,:D), sehingga kamu perlu mengaturnya dengan baik. Cara mengatur uang yang baik adalah dengan membaginya menjadi 2 yaitu untuk kebutuhan dan investasi.


6. Motivasi tinggi

Bekerja diluar negeri dibutuhkan motivasi yang tinggi. Homesick dan tekanan pekerjaan yang tinggi akan menjadi rintangan sehari-hari. Motivasilah dirimu dengan menggingat kembali kamu bekerja untuk apa dan siapa. Ingatlah bahwa kamu harus terus bertumbuh menjadi seorang yang lebih profesional. Seorang profesional tidak akan menyerah dengan mudah pada keadaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Hal Yang Harus Dimiliki Perawat Agar Sukes Bekerja Di Luar Negeri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel