-->

Ini 10 tips Untuk Perawat yang bekerja pada shift malam

Jika anda seorang perawat dan sering bekerja dengan shift malam, maka kami punya beberapa tips yang harus kamu baca. Shift malam menuntut tenaga yang ekstra dan perhatian yang lebih agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit.

Berikut 10 tips yang kami sajikan untuk kamu yang sering bekerja shift malam.

1. Istirahat yang cukup sebelum shift malam

Ada baiknya sebelum mengambil shift malam kamu terlebih makan dan tidur. Hal ini berguna untuk memberikan tenaga tambahan saat bertugas dimalam hari.

2. Relaksasi sepulan shift malam

Sebelum kamu tidur untuk mengganti waktu tidur kamu yang dipakai saat bekerja pada shift malam, maka kamu perlu melakukan relaksasi terlebih dahulu. Hal ini membuat tidurmu semakin nyaman.

3. Mempertahankan siklus tidur

Jika kamu bisa meminta untuk merotasi jadwal shiftmu, mintalah jadwal pagi ke sore, sore ke malam, dan malam ke pagi. Hal tersebut memungkinkan tubuhmu untuk melakukan penyesuian fisik yang lebih baik dan tidak akan menggangu ritme sirkadian (siklus tidur).

4. Tetap melakukan kontak sosial dengan keluarga

Ingat keluarga adalah hal yang lebih penting jika dibandingkan dengan gaji yang didapat dari bekerja untuk shift malam. Jangan habiskan waktumu untuk tidur disiang hari, kamu bisa sisihkan berapa bagian waktumu untuk tetap berinterkasi dengan keluarga.

5. Hindari ketergantungan pada kafein

Banyak perawat meminum kopi agar dapat tetap terbangun saat bekerja dimalam hari. Jika dilakukan terlalu sering maka akan membentuk kebiasaan baru yang tidak baik, dan hal itu akan menggangu siklus tidur kamu. Jika kamu merasa ngantuk cobalah untuk berjalan-jalan cepat selama beberapa menit. Itu akan membantu kamu untuk tetap bangun.

6. Hindari penggunaan obat tidur

Hindari minuman keras dan obat-obat yang dapat membuat kamu tertidur, karena dapat menggantu siklus tidurmu. Mengkonsumsinya hanya akan membuat tidurmu menjadi tidak teratur dan kurang nyenyak serta kinerja yang buruk.

7. Memiliki pekerjaan sampingan

Jika kamu memiliki minat bisnis, maka kamu bisa menggunakan waktumu disiang hari untuk mengembangkan bisnis tersebut, siapa tau kamu akan menjadi seorang pebisnis yang hebat. Satu keuntungan jika bekerja shift pada malam hari.

8. Alokasikan untuk dana jangka pendek

Dibeberapa negara maju jika kamu bekerja dengan shift malam maka akan mendapatkan tambahan uang ekstra. Jangan pernah gunakan shift malam sebagai alokasi dana untuk kebutuhan hidup jangka panjang. Gaji tetap adalah dana yang harus dialokasikan untuk kebutuhan hidup jangka panjang. Uang ekstra yang kamu hasilkan dari bekerja shift malam gunakan untuk dana jangka pendek, seperti investasi, berlibur, dan menambah bayaran cicilan.

9. Kondisikan lingkungan senyaman mungkin

Saat kami memilih untuk tidur setelah shift malam, maka yang pertama kali dilakukan adalah buat lingkungan tempat tidurmu menjadi nyaman. Nyalakan musik pengantar tidur, bila perlu gunakan penutup mata dan penutup kuping seperti ear plugs serta hal lain yang membantu tidurmu menjadi nyeyak.

10. Katakan “Selamat malam”

Konyol memang tapi katakan ini pada dirimu, otakmu akan merespon dengan baik. Jika tidak percaya besok setelah pulang bekerja shift malam jangan lupa lakukan.


Demikian Artikle kali ini dan semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini 10 tips Untuk Perawat yang bekerja pada shift malam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel