-->

5 Aktivitas Yang Bebahaya Setelah Operasi Caesar


Bedah sesar yang juga sering disebut dengan istilah Seksio Sesarea (SC) merupakan proses persalinan dengan melalui pembedahan di mana pembedahan dilakukan diarea perut ibu dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Bedah caesar pada umumnya dipraktikkan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada komplikasi medis lainnya.

Seiring perkembangan zaman, melahirkan secara caesar juga dilakukan ibu hamil ketika ingin anaknya lahir di tanggal cantik atau tanggal sesuai dengan keinginannya.

Sejauh ini operasi caesar dianggap relatif aman. Namun tidak jauh berbeda  dengan operasi besar lainnya, operasi caesar berisiko dan berpotensi menyebabkan komplikasi baik komplikasi aktual maupun komplikasi Potensia, baik pada ibu mau pun bayinya. Dan berikut

5 hal yang tak boleh dilakukan setelah operasi caesar


1. Melakukan perjalanan jauh
Setelah melahirkan secara caesar, si ibu harus berhati-hai saat pulang dari rumah sakit. Gunakan bantalan kursi mobil saat duduk. Selain itu, jangan juga melakukan perjalanan jauh dan duduk berlama-lama di dala mobil sampai beberapa bulan sampai kondisi Anda benar-benar sembuh.

2. Makanan penyebab gas
Sebaiknya, jangan mengonsumsi makanan penyebab gas dahulu pascaoperasi caesar. Makanan yang mengandung gas itu, seperti kol, brokoli, lobak, kembang kol, dan jamur. Anda baru bisa mengonsumsinya setelah benar-benar sembuh.

3. Makanan penyebab sembelit
Berbagai jenis makanan penyebab sembelit juga harus Anda hindari, seperti daging merah, produk susu, gula, dan lan sebaganya. Makanan penyebab sembelit bisa meningkatkan rasa sakit pada sayatan bekas caesar.

4. Megangkat beban berat
Alangkah baiknya, setelah operasi caesar Anda jangan megangkat beban berat dahulu karena bisa menekan perut. Selain itu, jangan juga naik turun tangga karena bisa meningkatkan rasa sakit pada bekas operasi.

Itulah hal-hal yang tak boleh dilakukan setelah operasi caesar. Jangan lupa juga untuk kontrol dan mengikuti saran dokter. Biasanya, pasca operasi caesar menyebabkan stres tinggi dan trauma yang mendalam bagi sang ibu. Untuk hal tersebut, tetaplah memperhatikan resep yang diberikan dokter dan jangan terlalu lelah apabila diperlukan untuk beraktifitas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Aktivitas Yang Bebahaya Setelah Operasi Caesar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel