-->

Wanita Hamil Lebih Gampang Kena Diabetes

Diabetes tidak hanya menyerang orang bertubuh gemuk dengan pola makan tak sehat. Wanita yang tadinya memiliki gula darah normal pun memiliki risiko besar untuk terkena diabetes saat hamil. Faktor hormonal membuat wanita hamil lebih gampang kena diabetes.

"Dinamika hormonal pada wanita hamil menyebabkan sel-sel tubuhnya kurang sensitif terhadap insulin," ujar dr Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD, KEMD kepada detikHealth, saat ditemui dalam acara peluncuran Accu-Check Roche di Hotel Intercontinental Mid Plaza Hotel, Jl Jend Sudirman, Jakarta, seperti ditulis Kamis (22/5/2014).

Dokter spesialis penyakit dalam RSCM-FKUI ini menjelaskan bahwa dalam tubuh yang normal, gula darah seharusnya masuk ke dalam sel dan diubah menjadi energi atas bantuan insulin. Pada wanita hamil perubahan hormon menyebabkan sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif, sehingga gula darah tetap bertahan di luar sel dan tidak bisa diubah menjadi energi.

Penumpukan gula darah di luar sel inilah yang menjadi faktor utama wanita hamil menderita diabetes. Akan tetapi, angka gula darah akan kembali normal setelah melahirkan.

"Hal ini eksklusif terjadi hanya saat kehamilan. Tetapi orang yang pernah menderita diabetes mellitus (saat hamil) punya risiko yang besar untuk menjadi diabetes tipe 2," tutur dr Tri.

dr Tri mengatakan wanita yang pernah menderita diabetes saat hamil, setelah melahirkan harus tetap dimonitor gula darahnya. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi penanganan dini jika didiagnosis diabetes tipe 2.

Perubahan gaya hidup pasca melahirkan juga ikut mempengaruhi. Pengaturan pola makan, aktivitas kegiatan, serta pengontrolan kesehatan dapat mencegah wanita menjadi diabetisi pasca melahirkan.

Tak hanya mempengaruhi tubuh sendiri, serangan diabetes saat hamil juga ikut mempengaruhi kondisi anak yang dilahirkan. dr Tri menyatakan anak yang dilahirkan dalam kondisi ibu menderita diabetes, cenderung memiliki bobot lebih besar dari normal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wanita Hamil Lebih Gampang Kena Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel