-->

Kemiskinan masa kanak-kanak erat kaitannya dengan perubahan otak anak dan mengakibatkan depresi


Anak-anak dari keluarga miskin lebih cenderung mengalami perubahan di konektivitas otak yang mengakibatkan memiliki resiko lebih tinggi akan depresi, dibandingkan dengan anak-anak yang bersal dari keluarga yang lebih makmur. Ini adalah kesimpulan dari penelitian terbaru oleh para peneliti dari Washington University School of Medicine di St Louis, Mo.

Studi pertama dari penulis Deanna M. Barch, PhD, Ketua dari Departemen Ilmu psikologis & otak dalam seni & sains, dan juga rekan-rekan yang menerbitkan penelitian mereka di American Journal of Psychiatry.

Studi yang didasarkan dari penelitian sebelumnya yaitu dari tim peneliti yang telah diterbitkan pada tahun yang lalu, yang menemukan bahwa anak-anak yang dibesarkan dalam garis kemiskinan telah mengurangi volume materi abu-abu dan putih pada otaknya, dibandingkan dengan mereka yang dibesarkan dalam keluarga yang kaya.

Selain itu, mereka juga menemukan bahwa perubahan pada otak tersebut terkait dengan prestasi akademik yang sedikit bagi anak-anak dari keluarga miskin.

Untuk studi terbaru ini, tim berangkat untuk menyelidiki Apakah kemiskinan masa kanak-kanak juga dapat menyebabkan perubahan otak yang mempengaruhi suasana hati dan resiko depresi, mengingat bahwa anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga miskin cenderung memiliki resiko tinggi terhadap gangguan jiwa dan memiliki hasil nilai kognitif  yang buruk pada saat dalam pendidikan mereka.

Anak-anak prasekolah yang miskin dengan risiko tinggi depresi lebih  cendrung terjadi pada saat mereka berusia 9 sampai 10 tahun

untuk mendapatkan hasil penelitian mereka, Barch dan Gregory B. Cough yang merupakan Profesor Psikiatri dari Washington School Of Medicine, mereka mendaftarkan beberapa anak prasekolah dengan usia berkisar pada 3-5 tahu.

Tim tersebut menghitung tingkat kemiskinan anak-anak dengan menggunakan rasio pendapatan untuk kebutuhan sebuah keluarga dengan melakukan riset pendapatan tahunan sebuah keluarga. Perlu diketahui, Saat ini tingkat kemiskinan federal di AS adalah dengan pendapatan  $24,250 per tahun untuk sebuah keluarga dari perbandingan empat keluarga.

Diantara usia 7 sampai dengan 12 tahun, anak-anak akan menjalani fungsinya masing-masing dan pencarian jati diri, yang memungkinkan para peneliti untuk menganalisis koneksi otak di hipokampus yang merupakan wilayah penting untuk belajar, memori dan peraturan stres, dan suatu daerah yang berhubungan dengan stres dan emosi.

Jika dibandingkan anak-anak prasekolah dari keluarga berpendapatan lebih tinggi dengan anak-anak yang berasal dari keluarga yang berpendapatan rendah menunjukkan hubungan yang lemah antara hippocampus kiri dan kanan, superior frontal korteks, serta lemah hubungan antara amigdala yang tepat dan gyrus lingual.

Dan pada akhirnya Para peneliti menemukan bahwa koneksi otak yang lemah ini terjadi di antara anak-anak prasekolah yang dibesarkan dalam kemiskinan ada kaitannya dengan risiko tinggi Depresi Klinis terjadi pada usia 9 atau 10 tahun

Apa selebihnya?, tim menemukan bahwa anak-anak miskin usia prasekolah, makin besar kemungkinan mereka untuk memiliki koneksi otak yang lebih lemah dan lebih buruknya terjadi depresi pada usia sekolah nanti.

Berikut adalah kunci intervensi awal untuk pengembangan emosi positif terhadap anak-anak dengan resiko tinggi terjadinya depresi.

"Kemiskinan tidak akan membuat anak pada lintasan yang telah ditetapkan, tapi itu kita harus untuk ingat bahwa pengalaman pertama yang merugikan dalam hidup adalah yang mempengaruhi perkembangan dan fungsi otak. Dan jika kita berharap untuk memperbaikinya, maka kita perlu melakukannya sedini mungkin sehingga kita dapat membantu mengubah prilaku anak-anak ke perkembangan yang lebih baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kemiskinan masa kanak-kanak erat kaitannya dengan perubahan otak anak dan mengakibatkan depresi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel